Perusahaan reklame & advertising di Bali. Menawarkan produk layanan Neon box, Billboard, Cutting sticker, Booth, Pylon sign, Huruf timbul, letter, banner, baliho, spanduk, dll

Kamis, 06 Oktober 2011

Trik & cara beriklan di Billboard advertising

Dijalan-jalan strategis, banyak dijumpai papan billboard advertising dengan segala 'nilai jualnya' yang ditawarkan oleh isi iklan tersebut. Tapi tahukah Anda? bagaimana trik dan cara beriklan melalui billboard? Berikut adalah jawabannya...
  • Tulis pesan yang akan disampaikan kurang dari 8 kata, dalam satu kalimat, dan tes efektifitasnya dengan cara : minta seorang kawan membaca iklan tersebut, apabila dia tidak mengerti apa yang disampaikan dalam waktu 5 detik, maka pesan tersebut tidak "sampai".
  • Pesan kita harus begitu mudah untuk diingat sehingga audience tetap mengingatnya ketika mereka sampai di tujuan, ingat target audience kita adalah orang yang sedang dalam perjalanan entah di mobil, bis, atau jalan kaki.
  • Gunakan lebih banyak gambar atau image atau lebih besar gambar daripada pesan yang disampaikan. Gambar bercerita seribu kata.
  • Gunakan nomor telpon yang mudah diingat atau web address yang mudah diingat.
  • Jangan beriklan di tempat yang sama lebih dari 30 hari, karena pesan yang disampaikan di billboard biasanya sudah menempel dalam hitungan detik atau jam. Sehingga orang yang sudah pernah melihat iklan tersebut menjadi terbiasa dan tidak akan melihatnya lagi, kecuali visualnya menarik, misal: cewek cantik, pria ganteng, anak lucu, dll.
Apakah Billboard itu media iklan yang mahal ?

TIDAK, Billboard justru media iklan yang sangat sangat murah, bayangkan berapa orang yang membaca atau melihat kepada Billboard, jumlah target audiencenya itu ribuan hingga jutaaan, cost per audiencenya sangat sangat kecil. Bandingkan Iklan di koran bekerja dalam satu hari dan iklan di TV bekerja dalam hitungan detik, tapi Billboard dapat bekerja untuk kita 24/7 (24 jam 7 hari) nonstop. Dan harga iklan billboard itu sebulan bisa lebih murah daripada iklan di koran ternama selama sebulan penuh (full-page).

Dengan adanya mesin digital printing extra large memberikan kontribusi efisiensi biaya beriklan melalui Billboard. Dulu harus di hand-painted, butuh waktu dan jelas mahal. Tapi sekarang, dengan teknologi komputer, billboard didesain di layar komputer, pake poster atau diprint ke vinyl kemudian ditempel di dinding Billboard. Hasilnya : Iklan kualitas tinggi dalam waktu singkat dan jelas lebih murah.

Mengapa ada yang gagal beriklan melalui Billboard? ada beberapa kemungkinan:
  • Kesalahan dalam pesan yang disampaikan.
  • Kesalahan pemilihan lokasi.
  • Produk yang ditawarkan tidak cocok untuk diiklankan melalui billboard.
  • Target market dan audiencenya nggak pas. Ingat bahwa iklan billboard umumnya ditujukan untuk pengguna kendaraan, perorangan kelas menengah keatas.
salam,
mangyus!
PutraMa Teknik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kontraktor Bali Terpercaya